Jumat, 03 Juli 2015

Stasiun Plered

Stasiun Plered
Plered sebenarnya ada 3 kota yang berlokasi di tempat dan daerah yang berbeda. Di Cirebon ada kota yang bernama Plered, di Yogyakarta,juga ada daerah yang bernama Plered. Tetapi yang akan penulis bahas adalah Plered yang berada di Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Kota Plered merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Purwakarta, yang terkenal dengan kerajinan keramik dan gerabahnya. Kejayaan keramik Plered sekitar tahun 80-90'an, namun saat ini kerajinan Plered mulai mendapat pesaing-pesaing ketat dari daerah lain, sehingga saat ini kondisi para kerajinan keramik Plered sangat lesu. Pusat kota tidak berada pada jalur utama, sehingga perkembangan kotanya terkesan agak lambat. 

Stasiun Plered sendiri tepat berada di pusat kotanya, persis masih di kawasan pasar Plered. Stasiun kecil dengan 2 jalur, dan 1 badug. 2 jalur tersebut merupakan jalur utama, karena adanya jalur double track Cikampek-Bandung. 

Hanya kereta lokal Cibatu-Purwakarta saja yang berhenti di stasiun ini. Sisanya merupakan lalu lalang kereta api Argo Parahyangan, Ciremai, dan Serayu. Tetapi kadang-kadang kereta tersebut di BLB (Berhenti Luar Biasa) kan di stasiun ini, untuk sekedar mengecek rangkaian. karena setelah stasiun ini kearah Bandung, jalur kereta akan menanjak.

KA Argo Parahyangan meninggalkan stasiun Plered
Kalau dari arah Purwakarta, maka stasiun ini setelah stasiun Sukatani, sedangkan dari arah Bandung, setelah stasiun Cisomang. 

Sisi lain dari Stasiun Plered adalah, kuliner khasnya, yaitu sate Maranggi. Di kawasan stasiun ini, banyak penjual sate Maranggi yang rasanya juga cukup enak. Selain itu, jika ingin ke waduk Saguling atau Cirata, maka jalan di depan stasiun akan mengarah ke sana. Dulu ketika penulis datang kesini, sangat sulit untuk mendapatkan angkutan umum ke daerah tempat wisata tersebut, mungkin sekarang sudah ada, karena memang minat wisata ke 2 waduk tersebut sangat tinggi. 

Stasiun Plered mungkin tidak begitu besar, namun ada keunikan sendiri didalam kotanya, hanya sayangnya, hanya KA Lokal saja yang berhenti di stasiun ini.

KA Argo Parahyangan BLB di Stasiun Plered


Tidak ada komentar: