Kamis, 02 Juli 2015

Seraut Wajah Ebiet G Ade

Pria kelahiran 21 April tahun 1954, di Banjarnegara Jawa Tengah. Dialah Ebiet G. Ade. Suara khas selalu menghiasi radio dan kaset tahun 70-an dan 80-an. Tema lagu yang romantis dan melankolis, dibawakan dengan suara yang khas. Bagi anak-anak muda angkatan tahun 2000 an, mungkin belum banyak yang mengenal dia, tapi tanyakanlah pada orang tua mereka, pasti akan bisa menjawab.

Berawal dari orangtua juga yang selalu memutar kaset Ebiet jaman dulu, membuat saya sendiri menjadi salah satu penggemarnya. Camelia, nama yang sangat identik jika mendengar lagu apapun dari Ebiet ini. 

Tak banyak yang tahu, apa kepanjangan dari huruf "G" dibelakang nama Ebiet, berpuluh-puluh tahun mendengar suaranya baru tau kalau nama aslinya adalah Abid Ghoffar bin Aboe Jaffar. Dan huruf "G" itulah kepanjangan dari "Ghoffar"

Ragam tema yang ditampilkan pada lagunya. Sangat humanis. Ada percintaan, ada tema alam, ada kecintaan pada orang tua, kecintaan pada negara, dan bahkan tema religi. Lagu " Aku Ingin Pulang" merupakan lagu terakhir yang diciptakan Ebiet G Ade, sisanya Ebiet membuat album dengan bermacam-macam kompilasi dan instrument.

Favorit saya pada lagu Ebiet, sangatlah banyak, tapi dari semua itu saya menyukai lagu yang berjudul "Nyanyian Kasmaran" . Tentu saja ketika saya lagi kasmaran, ...haha (duluuu .. :p). Dan ini liriknya :
Sejak engkau bertemu lelaki bermata lembutAda yang tersentak dari dalam dadamuKau menyendiri duduk dalam gelapBersenandung nyanyian kasmaranDan tersenyum entah untuk siapa
Nampaknya engkau tengah mabuk kepayangKau pahat langit dengan angan-anganKau ukir malam dengan bayang-bayang
Jangan hanya diam kau simpan dalam duduk termenungMalam yang kau sapa lewat tanpa jawab
Bersikaplah jujur dan tebukaTumpahkanlah perasaan yang sarat dengan cintaYang panas bergelora
Barangkali takdir tengah bicaraIa diperuntukkan buatmuDan pandangan matanya memang buatmu
Mengapa harus sembunyi dari kenyataanCinta kasih sejati kadang datang tak terduga
Bergegaslah bangun dari mimpiAtau engkau akan kehilanganKeindahan yang tengah engkau genggam
Anggap saja takdir tengah bicaraIa datang dari langit buatmuDan pandangan matanya khusus buatmu
 Dan ini videonya :
www.youtube.com/watch?v=YBYoFiBnEMk


Tidak ada komentar: